Setelah Operasi Caesar Kapan Boleh Berhubungan Lagi?

Melahirkan secara caesar memang banyak dipilih oleh kebanyakan orang di jaman sekarang ini. Hal ini mungkin karena rasa takut yang berlebihan dari seorang ibu yang takut terhadap rasa sakit yang timbul jika melahirkan secara normal. Akan tetapi ada juga seorang ibu yang memiliki kondisi yang memang diharuskan melahirkan secara caesar. Nah dengan memilih untuk melahirkan secara caesar ini tentu saja akan ada beberapa efek samping atau kelemahan tersendiri pasca menjalani operasi caesar. Salah satu efek sampingnya adalah adanya jarak untuk bisa hamil lagi. Hal ini tentu saja akan menimbulkan pertanyaan setelah operasi caesar kapan boleh berhubungan lagi antara suami dan istri? Hal ini akan menjadi salah satu kendala atau masalah bagi sepasang suami istri yang menginginkan anak lagi. Namun tentu saja dilarangnya berhubungan setelah operasi caesar ini memiliki tujuan tertentu.

Walaupun tidak mengalami rasa sakit saat proses melahirkan caesar namun pasca melahirkan caesar ini pastinya fisik dari ibu tersebut akan mengalami proses penyembuhan. Oleh karenanya jika ingin segera pulih maka seorang ibu tersebut harus rajin meminum obat pasca operasi caesar yang diberikan oleh dokter. Menanggapi pertanyaan setelah operasi caesar kapan boleh berhubungan lagi maka dengan ini akan ada beberapa alasann yang akan diulas secara mendetail mengenai hal ini. Dan hal ini harus benar-benar diperhatikan.

Beberapa sebab dari “setelah operasi caesar kapan boleh berhubungan”

Beberapa hal di bawah ini adalah beberapa penyebab yang menjadi tanya besar mengenai masalah kapan dibolehkannya melakukan hubungan intim antara suami dan istri tersebut :

  1. Organ bagian dalam tubuh si ibu tentu saja akan membutuhkan proses istirahat untuk sementara sehingga pasca operasi caesar akan berbahaya jika dipaksakan untuk melakukan hubungan suami istri.
  2. Tidak terjadi kehamilan di waktu dekat dengan kelahiran caesar yang pertama maka akan dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti jika jahitan perut pasca operasi caesar belum kering betul dan seiring berjalannya waktu perut yang mulai membesar sehingga dikhawatirkan jahitan tersebut akan lepas dan tentu saja akan membahayakan bagi si ibu yang tengah hamil.
  3. Dengan jarak kehamilan yang terlalu dekat juga akan berpengaruh pada psikologis si anak yang umunya masih membutuhkan perhatian dari ayah dan ibunya.

Menanggapi Munculnya “Setelah operasi caesar kapan boleh berhubungan” 

  1. Hal ini karena memang banyak dari para lelaki yang menginginkan memiliki banyak anak dan dalam jarak yang tidak terlalu jauh. Sehingga hal ini menjadi hal yang sangat mengganggu bagi para suami sehingga muncul pertanyaan tersebut yang benar-benar harus diperhatikan jawabannya.
  2. Hal ini akan sangat penting bagi keselamatan si ibu yang mengandung dan melahirkan karena hal ini akan secara langsung berhubungan untuk nyawa si ibu itu tersebut.
  3. Hal ini tidak hanya perlu diperhatikan oleh pihak suami tetapi juga oleh pihak si istri.

Setelah operasi caesar kapan boleh berhubungan adalah hal yang memang sangat amat penting untuk diperhatikan oleh pihak suami dan istri itu juga. Terutama bagi suami karena yang akan menerima resiiko buruknya biasanya adalah dari pihak si istri.mengapa hal ini benar-benar membutuhkan perhatian? tak lain dan tak bukan adalah karena hal ini akan langsung bersangkutan dengan nyawa si ibu yang mengandung dan juga bisa saja menyangkut nyawa si bayi yang dikandung juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *