Seputar Hewan Melata

Jika di artikan menurut kbbi hewan adalah mahluk bernyawa yang mampu bergerak (berpindah tempat ) dan mampu bereaksi terhadap rangsangan , tetapi tidak berakal budi  dan melata adalah berjalan dengan menempelkan perut ke tanah. Nama lainnya adalah hewan reptil yang memiliki arti hewan vertebrata yang ciri utamanya adalah terdapat sisik didalam badannya dan berdarah dingin dan kebanyakan sangat unik bila mana ia mampu bertahan hidup di dua tempat .yaitu di dalam air dan juga darat. Hewan melata suka keduanya akan tetapi jika di air ia hanya mencari makanan untuk proses pencernaan agar mendapatkan tenaga dan dapat menyambung hidupnya.

Ciri ciri hewan melata adalah :

  1. Tubuh hewan diselimuti oleh sisik

Bukti : hewan ular yang di selimuti oleh sisik di seluruh badannya . tujuannya tak lagi berbeda yaitu untuk menjaga kehangatan badannya dan juga untuk melindungi tubuhnya dari serangan musuh yang menyerang hewang tersebut. Ular merupakan hewan yang sangat mudah di temukan .di daratan , di pegunungan , di pantai , dan lain sebagainya. Hewan melata yang satu ini memakan daging dan termasuk hewan karnivora.

  1. Kulit hewan cenderung kering

Buktinya adalah berada di tubuh kadal yang memang kering. Kadal ini hidupnya di atas tanah. Dan juga bisa hidup di ranting pohon dan batang pohon. Hewan ini termasuk bisa memakan buah – buahan yang ada di sekitar dan juga bisa memakan daging yang tujuannya untuk di konsumsinya secara pribadi dan menghasilkan tenaga guna untuk beraktifitas

  1. Kulit keras untuk melindungi tubuhnya

Contohnya berada di hewan kura kura. Yang sejak kecil tubuh hewan kura – kura sudah keras yang di sebut sebagai tempurungnya. Gunanya untuk melindungi tubuhnya apabila ada musuh. Coba saja bila tangan kita mendekati kura kura maka secara pelan pelan kepala kura – kura tersebut tertari ke dalam. Dan jika ia sudah melakukan itu dia merasa aman.kura kura memiliki kaki 4 gunanya untuk berjalan mencari makanan.

  1. Memiliki struktur kepala,badan dan juga ekor

Terbukti di hewan bunglon yang memiliki kepala , badan serta ekor. Bunglon ini merupakan hewan yang cukup unik tapi cantic. Sudah mengerti belum ?jadi bunglon ini uniknya adalah dia bisa menyesuaikan warna badannya dengan lingkungan sekitar yang di tempeli tersebut. Apabila yang di tempeli tersebut daun maka secara otomatis bunglon menjadi warna hijau. Cantik bukan ?pastinya cantik.

  1. Memiliki alat indra mata, hidung dan telinga

Hampir semua mahluk hidup pasti memiliki alat indra mata , hidung , telinga yang gunanya untuk melangsungkan hidupnya.

Kebanyakan hewan melata adalah ovipar atau di sebut dengan hewan bertelur. Meski ada  juga yang melahiran . akan tetapi tidak terlalu banyak.

Contoh hewan berjenis melata :

  1. Kura kura merupakan ordo chelonica
  2. Buaya ialah ordo crocodilian atau disebut dengan bangsa buaya
  3. Ular yaitu ordo ophidian
  4. Kadal ialah ordo lecertilia
  5. Dll

Sitem organ hewan reptiles :

  • Sistem sirkulasi atau disebut dengan system peredaran darah
  • Sistem pernafasan ialah system yang mengatur tentang proses pernafasan guna kelangsungan hidupnya.
  • Sistem pencernaan ialah tentang bagaimana cara tubuh untuk mengolah makanan.
  • Sistem ekresi adalah system pembuangan zat yang tidak diperlukan.
  • sistem reproduksi atau sering disebut dengan sistem genital memiliki pengertian memiliki tujuan reproduksi atau memperbanyak keturunan.

Banyak sekali contoh hewan-hewan melata. Tentunya juga banyak manfaat yang kita ambil dari hewan tersebut. Mari kita menjaga ekosistem hewan melata tersebut agar tetap terjaga dan tidak langka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *