Tips-Tips Jitu Menjawab Pertanyaan Interview

Pertanyaan interview pada saat melakukan wawancara kerja memang terkadang membuat sebagian pelamar merasa bingung dan kadang gelagapan untuk menjawabnya. Inilah salah satu alasan kenapa seorang pelamar terkadang merasa grogi bahkan kurang percaya diri pada saat akan menghadapi interview. Padalah, pertanyaan yang sering dilontarkan pada saat interview ini hampir sama dan akan seperti itu-itu saja. Untuk itulah anda yang masih sering merasa grogi atau bahkan mungkin baru pertama kali akan melakukan wawancara pekerjaan ini harus memahami dan tau pertanyaan seperti apa yang akan muncul saat wawancara dan seperti apa seharusnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan benar sehingga pihak perusahaan atau HRD akan merasa yakin untuk merekrut dan menerima kalian untuk bekerja sama. Wawancara adalah tahapan seleksi kerja pada saat setelah pelamar dapat memenuhi kriteria berkas. Biasanya saat melamar pekerjaan pelamar akan membuat surat lamaran bisa cek contoh surat lamaran kerja dengan beberapa lampiran berkas dan jika lolos maka akan dipanggil untuk tahapan wawancara.

Tips Menjawab Pertanyaan Interview

Salah satu cara untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan untuk interview adalah dengan menjawabnya dengan jujur dan penuh kemantapan untuk meyakinkan pihak penginterview. Akan tetapi, ada beberapa hal lain juga yang bisa dijadikan sebagai solusi jitu untuk menjawab pertanyaan. Nah, bagi anda yang akan menjalankan tes interview, bisa mempelajari beberapa tips berikut ini sehingga dapat sukses pada saat tes wawancara. Pertama, pada saat melakukan interview anda harus bisa mengaitkan atau menghubungkan kemampuan atau skill yang anda miliki dengan bidang pekerjaan yang akan anda lamar. Kedua, tips untuk menjawab pertanyaan interview yang lainnya adalah dengan cara mengaitkan kelebihan atau skill yang anda miliki dengan visi misi perusahaan (jadi jangan lupa untuk mengetahui apa visi dan juga misi perusahaan tempat anda akan melamar).Ketiga, jika kalian bisa menyebutkan kelebihan atau skill yang anda miliki maka jangan lupa untuk selalu menyampaikan bukti atau contoh nyatanya misalnya dari pengalaman kerja anda atau dari prestasi-prestasi yang pernah anda raih bisa juga dari portofolio.Keempat, cara menjawab kekuranga yang juga sering ditanyakan pada wawancara bisa dilakukan dengan membahasnya dengan jujur saja dan menyebutkan kelemahan yang tidak akan menimbulkan efek buruk pada bidang pekerjaan yang anda lamar. Jika sudah selesai menjawab pertanyaan, anda bisa sedikit memberikan solusi tentang kelemahan yang anda miliki agar pewawancara dapat yakin jika hal tersebut bukan masalah untuk anda ketika bekerja.

Contoh Pertanyaan Interview

Jika sudah tahu seperti apa saja cara-cara untuk menjawab pertanyaan wawancara yang jitu maka selanjutnya anda bisa mencoba membayangkan akan seperti apa nanti untuk menjawab wawancara. Beberapa pertanyaan yang sering muncul pada saat wawancara hampir sama, diantaranya adalah; 1). Siapa diri anda dan jelaskan 2).Kenapa berhenti dari pekerjaan yang sebelumnya 3).Kenapa memilih perusahaan ini 4).Alasan untuk memilih anda 5). Kelebihan apa yang anda miliki 6). Apa kelemahan yang and a miliki 7). Pengetahuan yang anda miliki tentang perusahaan. Jadi kurang lebih seperti itu beberapa pertanyaan yang mungkin akan muncul pada sesi wawancara sehingga anda bisa membayangkan dan memikirkan jawaban apa yang paling tepat dan dapat meyakinkan. Begitulah contoh dan juga cara atau tips untuk menjawab pertanyaan interview agar bisa lolos interview.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *