Pentingnya Sektor Pertanian di Indonesia dan Cara Melestarikannya

Indonesia merupakan negara agraris yang terkenal dengan pertaniannya dan sebagian besar penduduknya yang berprofesi sebagai petani. Sektor pertanian di Indonesia ini menjadi salah satu pilar ekonomi yang sangat penting bagi Indonesia. Hal ini juga didukung dengan wilayah indonesia yang sangat subur tanahnya. Namun saat ini lahan pertanian yang ada di Indonesia sudah semakin berkurang dan sudah berganti menjadi berbagai gedung, rumah maupun perumahan. Hal ini sangat disayangkan, padahal pertanian ini sangat penting bagi kehidupan setiap manusia dan tentunya sangat penting bagi Indonesia. Pelestarian dan peningkatan pertanian yang ada di Indonesia ini sangat diperlukan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik lagi bagi semua kalangan.

Pentingnya Sektor Pertanian di Indonesia

Seperti yang telah disampikan diatas, bahwa sektor pertanian di Indonesia ini merupakan salah satu pilar ekonomi bagi Indonesia, maka dari itu majunya pertanian ini sangat penting bagi kemajuan bangsa indonesia itu sendiri.  Hal ini didorong dengan fakta bahwa dalam sebagian besar penduduk indonesia yang bermatapencarian sebagai petani ini akan kehilangan sumber pendapatan utamanya bila sektor pertanian tidak dapat bertahan. Sektor pertanian mempunyai peranan yang sangat stretegis dalam kemajuan bangsa, diantaranya guna meningkatkan devisa negara dari ekspor hasil pertanian, penyediaan lapangan pekerjaan, dan masih banyak lagi. Sektor pertanian ini juga memberikan kontribusi besar dalam produk domestik bruto (PDB) bangsa Indonesia. Dengan kualitas pertanian yng baik, maka kualitas masyarakat Indonesia sendiripun menjadi lebih baik. Lalu pada akhirnya. Kemajuan Indonesia dalam sektor ekonomi yang sangat esensial ini dapat terwujudkan dengan mudah. Dengan beberapa hal yang telah disebutkan diatas, terlah menunjukan betapa pentingnya sektor pertanian ini bagi Indonesia, maka dari itu harus selalu dilestarikan.

Usaha dalam Melestarikan Pertanian di Indonesia

Untuk melestarikan pertanian yang ada di Indonesia ini dapat dilakukan dengan meningkatkan produktivitas pertanian. Dengan produktivitas pertanian yang lebih baik maka akan melestarikan dan meningktkan kualitas pertanian tersebut. Dalam meningkatkan produktivitas pertanian ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, cara yang pertama adalah dengan Intensifikasi pertanian. Intensifikasi pertanian ini dilakukan dengan menerapkan panca usaha tani. Panca usaha tani ini terdiri dari pemilihan bibit unggul, irigasi yang baik, pemupukan, pengendaalian hama, dan pengolahan tanah yang baik. Dalam pemilihan pupuk ini, disarankan untuk memilih pupuk organik agar menjaga alam dan meningkatkan kualitas hasil pertanian. Pupuk organik yang direkomendasikan adalah pupuk cair Nasa (Nasional Nusantara) yang dapat dibeli lewat berbagai distributor Nasa yang tersebar di seluruh Indonesia. Usaha yang kedua adalah Ektensifikasi pertanian yang dilakukan dengan cara memperluas lahan pertanian. Selanjutnya yakni usaha diversifikasi pertanian, yakni usaha peningkatan produksi pertanian yang dilakukan dengan cara peanekaragaman tanaman, misalnya penggunaan sistem tumpangsari. Usaha terakhir yang dpat dilakukan untuk meningkatan dan melestarikan pertaninan Indonesia adalah dengan usaha rehabilitasi pertanian. Cara ini dilakukan dengan pemulihan lahan pertanian yang sudah kritis. Dengan melakukan segala usaha peningkatan produktivitas pertanian ini akan mebuat pertanian Indonesia semakin maju dan tentunya melestarikan pertanian Indonesia.

Itulah tadi beberapa hal yang menyangkut tentang pentingnya pertanian di Indonesia dan usaha pelestariannya. Jangan sampai pertanian di Indonesia menjadi hancur karena akan hancur pula masyarkat yang ada didalamnya. Maka dari itu penting untuk melestarikan pertanian itu sendiri. Jangan sampai kita tidak dapat memanfaatkan pemberian tanah yang subur dari Tuhan YME.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *