Penyakit Ambeien dan Cara Mengobatinya

Wasir atau ambeien adalah kondisi membengkak atau meradangnya saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Banyak orang merasa malu ketika menghadapi masalah ini dan biasanya baru mencari perawatan medis ketika kasusnya sudah lanjut.Gejala pertama penyakit ambeien ini adalah muncul benjolan kecil disekitar anus yang bila tidak diobati dengan segera akan bertambah besar dan sering mengalami pendarahan. Maka dari itu bila Anda mengidap gejala ambeien apabila masih kecil, segera diobati sebelum penyakit ambeien tersebut akan bertambah parah. Nah bagaimana kalau ambeien sudah parah? Anda harus lebih teratur dan harus lebih menjaga kondisi tubuh juga makanan yang Anda makan sehari-hari. Adapun penyebab terjadinya ambeien adalah sebagai berikut:

  • Duduk terlalu lama bisa menimbulkan munculnya ambeien, karena terlalu lama duduk membuat pelebaran pada bibir anus, yang bisa menyebabkan benjolan pada anus Anda.
  • Sulit BAB karena kurangnya asupan air putih juga makanan berserat, sehingga ambeien dengan mudah akan muncul.
  • Pola makan. Makanan yang sangat besar memicu timbulnya ambeien adalah makanan yang kurang serat, karena makanan yang kurang serat membuat kita sulit BAB.
  • Kurang konsumsi air putih karena kurang pada tubuh kita air membuat proses pencernaan terutama pada usus akan tersumbat.

Obat Penyakit Ambeien Alami

Setelah membahas pengertian seputar penyakit ambeien dan juga penyebab terjadinya ambeien, kali ini akan membahas tentang obat ambeien alami. Sebenarnya banyak cara alami mengatasi ambeien yaitu:

  • Kulit manggis. Pilih kulit manggis yang telah dicuci dan dimasak bersama beberapa air. Masak sampai matang dan bisa disajikan sebagai obat wasir yang ampuh. Pada pola pengonsumsian ini juga harus rutin, seperti pada setiap pagi hari.
  • Akar jeruk nipis. Ambillah akar jeruk nipis secukupnya lalu dicuci sampai bersih. Panaskan bersama air putih hingga mendidih. Saat air tersebut matang, biarkan terlebih dahulu hingga dingin. Saring air dan minum setiap satu gelas saja dalam sekali minum. Bilamana masih tersisa, bisa diminum pada waktu berikutnya.
  • Daun jambu biji. Caranya cukup mudah, ambil pucuk daun jambu biji secukupnya, lalu ditumbuk bersama dengan sebuah pisang batu. Peras airnya lalu diminum.
  • Bawang putih. Ambil beberapa siung bawang putih, kupas dan haluskan. Oleskan ramuan tersebut pada sekitar anus. Lakukan secara rutin setiap hari sampai sembuh.
  • Tanaman pegagan. Satu genggam tanaman pegagan beserta akarnya dicuci bersih. Rebus dengan 2 gelas air selama 5 menit. Setelah dingin, airnya disaring dan air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari, sebanyak 1 gelas setiap kali minum.
  • Daun sosor bebek. Ambil 50 lembar daun sosor bebek, cuci bersih lalu dikeringkan. Setelah benar-benar kering, lalu ditumbuk hingga halus. Ambil bubuk daun sosor bebek sebanyak 1 sendok makan, lalu seduh dengan 3/4 gelas air panas. Aduk dan diminum selagi hangat. Lakukan pengobatan ini 3 kali sehari sampai sembuh. Agar rasanya lebih enak, bisa menambahkan 1 sendok makan madu ke dalam air seduhan.
  • Lempuyang Wangi. Ambil 3/4 jari lempuyang kemudian dicuci bersih dan diparut. Tambahkan 2 sendok makan air matang dan garam secukupnya. Peras airnya, lalu minum 2 kali sehari sebanyak 1 sendok makan sekali minum.

Mengatasi Penyakit Ambeien

Mengatasi ambeien akan lebih mudah jika diterapkan secara rutin dan seimbang, dimulai dari perawatan dari dalam dan dari luar. Terlebih lagi dalam tindakan untuk menjaga dan menerapkan pola konsumsi atas menu makanan yang berserat. Semoga informasi di artikel ini dapat membantu Anda untuk mengantisipasi penyakit ambeien.

 


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *