Metode Pembayaran dari Masa ke Masa Menggunakan Kartu Debit

Perkembangan metode pembayaran dari masa ke masa, baik di dunia dan di Indonesia ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Pada masa dahulu, sebelum orang mengenal uang tunai, orang malakukan sistem barter untuk mendapatkan barang. Lalu setelah adanya uang tunai, kemajuan metode pembayaran ini semakin baik. Namun sekarang ada yang lebih efektif dan efisien lagi ketimbang uang tunai, yakni salah satunya adalah kartu debit. Kartu debit ini merupakan contoh perkembangan metode pembayaran masa kini yang saat ini degemari oleh masyarakat banyak. Dengan kartu debit ini, Anda dapat melakukan pembayaran untuk semua barang yang Anda beli, mulai dari pembayaran belanja, pembayaran listrik sampai pada pembayaran pulsa yang menjadikan harga pulsa murah dari pembayaran tunai.

Perkembangan Kartu Debit dalam Metode Pembayaran dari Masa ke Masa

Adanya Kartu kredit ini menjadi sebuah babak baru dalam metode pembayaran dari masa ke masa. Perkembangannya ini tekah mampu menggantikan sistem atau metode uang tunai tunai yang selama ini dianut oleh semua masyaraka dunia. Sering dibilang bahwa uang tunai telah berganti dengan kartu plastik. Kartu debet ini mempunyai perkembangan yang sangat pesat dibandingkan dengan kartu kredit. Pada tahun 2003, menurut data Visa, volume kartu debet Visa ini mengalami peningkatan sebesar 17 % dari tahun sebelumnya serta mencapai $ 1,48 triliun. Jumlah perkembangan dan pertumbuhan kartu debit ini lebih besar bila dibandingkan dengan kartu kredit yang hanya sebesar $ 1,45 triliun. Di Indonesia sendiri, awalnya penggunaan kartu debit ini sebesar $ 30 juta lalu terus berkembang hingga sekarang ini. Bank-bank di Indoensia semakin memudahkan nasabahnya dengan adanya kartu debit ini. Biaya administrasi kartu debit ini pun mudah dan murah sehingga bayak nasabah yang tertarik menggunakan kartu debit ini. Selain itu ditambah lagi dengan fakta persayaratan membuat kartu debet yang tidak terlalu rumit dan sulit.

Manfaat Kartu Debit dibanding Metode Lama dalam Metode Pembayaran dari Masa ke Masa

Penggunaan kartu debit ini sungguh memudahkan para pelanggannya, karena sudah tidak perlu membawa uang tunai tunai dalam jumlah banyak bila ingin belanja atau berpergian. Dibandingkan dengan metode uang tunai, kartu debit ini lebih mudah untuk dibawa kemana saja. Anda tidak akan membutuhkan ruang atau tempat yang besar untuk menyimpan kartu debit ini. Dari masa lalu, jauh sebelum kita mengenal uang tunai, yakni masa barter. Dalam masa itu Anda harus menemukan setidaknya barang yang nilainya sama untuk mendapatkan atau membeli suatu barang.  Nah, dengan kartu debit ini Anda tidak perlu melakukannya, Anda hanya tinggal memencet pin yang ada lalu Anda sudah dapat mengambil barang yang Anda beli. Dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya, misalnya kartu kredit, kartu debit ini juga lebih unggul. Karena kartu debit ini diambil dari rekening tabungan Anda, Anda akan lebih berhati-hati dalam mengambil atau membelanjakan uang tunai Anda. Tidak seperti penggunaan kartu kredit yang terkedang sulit untuk diatur dalam hal pembelian dan dapat memuat Anda menjadi boros.

 

Dalam perkembangan kartu debit dalam metode pembayaran dari masa ke masa memang berkembang secara pesat. Namun, kita jangan sampai terlena dan menjadi boros. Dengan perkembangan metode pembayaran ini, Anda seharusnya lebih selektif dalam membelanjakan uang Anda dibandikan saat Anda masih menggunakan uang tunai pada sistem atau metode pembayaran sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *