Membuat Nasi Tumpeng Sederhana Sedap dan Gurih

Membuat nasi tumpeng  sudah menjadi kebiasaan masyarakat di setiap penjuru nusantara ketika menghadapi suatu acara sakral baik itu syukuran atau riungan adat dan acara spesial lainnya, seperti Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus.Hampir disetiap daerah, panitia lomba pasti memasukkan lomba menghias nasi tumpeng dalam perlombaan yang mereka adakan.Ada berbagai jenis nasi tumpeng yang kerap dibuat warga. Ada nasi tumpeng yang disajikan  dengan bentuk mengerucut ke atas dengan warna kuning dari campuran kunyit, ada juga yang hanya nasi putih,  bahkan ada nasi tumpeng dari beras merah dan putih.Untuk penyajiannya, biasanya dilengkapi dengan masakan  ayam panggang atau goreng yang juga sering disebut dengan bakakak beserta lalapan, lauk pauk, sayuran serta pelengkap sajian lainnya.Berikut kami hadirkan tips membuat nasi tumpengsederhana sedap dan gurih karena nasi tumpeng yang satu ini lumayan mudah untuk dibuat sendiri dari dapur rumah anda.

Bahan Bahan Membuat Nasi Tumpeng Sederhana

Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat nasi tumpeng sederhana adalah 3 liter beras,kemudian cuci hingga bersih, 1/4 liter santan kental. Bahan bumbu, 1 sdm kunyit,lalu parut, kemudian juga rebus dalam air sebanyak 50 cc air,saring hingga keluar dari ampasnya, 2 lembar daun pandan, lalu bentuk menjadi simpul, 1 sereh memarkan, 3 lembar daun salam, Garam secukupnya (biasanya 1 sendok makan). Bahan Pelengkap, Perkedel, Dendeng Sapi, Tumis Tempe, Telur dadar yang diiris. Bahan Untuk Hiasan, Kacang Panjang, Tomat, Wortel bentuk bunga di rebus, Cabe merah, Daun Pisang, Mentimun. Jika anda seorang yang memiliki banyak pekerjaan dan kegiatan serta tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan hidangan untuk acara yang akan anda laksanakan, anda tidak perlu khawatir, anda hanya tinggal melakukan pemesanan pada jasa katering yang menyediakan layanan pembuat nasi tumpeng. Anda bisa melakukan pemesanan via online ataupun offline untuk memesan nasi tumpeng Jakarta yang akan membantu anda dalam menyiapkan segala kebutuhan hidangan dalam acara yang akan anda selenggarakan. Anda tidak perlu repot menyiapkan segala kebutuhan hidangan yang diperlukan, percayakan semua hidangan kepada katering favorit anda di Jakarta.

Cara Membuat Nasi Tumpeng Gurih dan Sedap

Cara membuat nasi tumpeng gurih dan sedap memiliki langkah yang anda simak berikut ini. Siapkan panci sedang besar, isi dengan santan kelapa, garam, halus, daun jeruk, serai, air kunyit (dari campuran remasan daun jeruk, batang serai yang dimemarkan serta parutan kunyit dan 100 ml air yang diperas dan disaring) dan daun salam. Aduk-aduk sampai merata kemudian masukkan beras yang sudah dicuci bersih ke dalamnya. Rebus sampai mendidih dengan sesekali diaduk rata. Angkat setelah santan sedikit mengering.Setelah selesai direbus, selanjutnya ke tahap pematangan nasi dengan cara dikukus hingga 35 menit lamanya atau sampai matang sempurna. Kemudian angkat dan pindahkan nasi ke wadah bakul sambil sesekali di bolak balik supaya pulen dan tunggu sampai asapnya menghilang.Selanjutnya, tuangkan nasi ke dalam wadah kerucut atau kukusan yang sudah disiram dengan air panas sebelumnya. kemudian pindahkan nasi ke dalamnya sampai padat dan membentuk kerucut lalu angkat kukusan.Lengkapi sajian nasi tumpeng dengan ayam goreng, ikan goreng, lalapan, sayuran juga lauk pauk lainnya dan tentunya sambal goreng pedas agar lebih meriah.Itulah cara penyajian nasi tupeng nikmat dari resep cara membuat nasi tumpeng komplit sederhana yang mudah untuk diikuti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *