Mengenal Materi Desain Grafis

Untuk desain grafis sendiri merupakan salah satu bentuk seni yang menjurus pada seni lukis dengan kebebasan dalam gayanya dengan tujuan untuk digunakan sebagai menyampaikan informasi atau pesan melalui desan yang sudah ada. Di sini desain grafis sendiri ada materi desain grafis apabila nanti ingin belajar dalam desainnya. Biasanya desain ini diterapkan pada dunia perfilman, periklanan dan masih banyak yang lainnya.

Katagori Materi Desain Grafis

Di dalam materi desain grafis ada beberapa katagori yang nantinya diperoleh masyarakat dalam belajar desain grafis. Katagori tersebut adalah sebagai berikut:

  • Web desain yang tujuannya untuk mendesain halaman web.
  • Percetakan yang biasanya mendesain majalah, poster, buku, flyer,pamphlet, periklanan dan publikasi yang sejenis lainnya.
  • Desain produk, pemaetan dan masih banyak yang lainnya.
  • Film termasuk di sini adalah CD, DVD multimedia yang tujuannya untuk ajang promosi.
  • Identifikasi logo dan egd yang merupakan jenis desain tingkat professional dengan cakupan desain arsitek, desain grafis, desain industry dan desain yang sejenisnya.

Setelah tahu betul katagori dari desain grafis itu sendiri, maka perlu bagi masyarakat yang akan belajar desain grafis beberapa hal yang wajib untuk dikuasai dan itu pertama kali harus dimiliki oleh calon desainer grafis, antara lain adalah:

  1. Ilmu yang mencakup tentang elemen desain grafis dan prinsip desain grafis. Di sana mempelajari mengenai bentuk, ruang, garis, tekstur, warna dan yang lainnya.
  2. Pewarnaan yang sangat penting untuk karya desainnya. Sebab dengan adanya warna orang paham pada gambar yang sudah dibuat. Warna memang masuk dalam nirmal namun ada point sendiri yang harus dipelajari betul.
  3. Ilmu tentang menata dan memilih huruf yang pada di beberapa ruang yang ada untuk menciptakan kesan yang tepat. Sehingga ini bisa memberikan dorongan bagi kalangan pembaca untuk memperoleh kenyamanan dalam membacanya.
  4. Atau yang dikenal dengan proses menggambar dengan tangan kosong. Kemampuan dari seseorang tidak ada pengaruhnya dengan hasil karya pada bidang grafis. Akan tetapi orisinalitas dalam menggambar secara manual.
  5. Software merupakan alat pendukung yang bisa menghasilkan karya. Software sendiri jika dilihat dari sisi bidanganya ada 2 jenis yaitu pengolah untuk dua dimensi dan tiga dimensi. Jika dilihat dari medianya itu ada tiga yaitu digital, cetak dan multimedia.
  6. Kemampuan pada umumnya atau kemampuan tambahan dalam proses pembuatan karya dari desain grafis. Pengetahuan yang dimaksud di sini adalah mengenali website, website ecommerce, dan masih banyak yang lainnya.

Pilar Materi Desain Grafis

Untuk jenis pilar materi desain grafis yang wajib untuk dikuasai oleh seorang yang akan belajar desain grafis adalah wawasan sains, seni, teknologi, social dan budaya serta filsafat dan etika. Dengan memahami betul tentang beberapa materi yang diajarkan dalam desain grafis sebelum belajar lebih lanjut, maka nanti bisa lebih mudah untuk belajar terlebih dahulu supaya dalam proses pembelajarannya jauh lebih paham dan yang belum paham bisa langsung ditanyakan di sana. Biasanya dalam belajar desain grafis itu biayanya cukup mahal sebab jangka panjang pekerjaan yang diberikan dari desain grafis sendiri juga sangat menjanjikan. Namun untuk masyarakat yang ingin belajar desain grafis dengan biaya yang sesuai, maka bisa langsung datang di jasa desain grafis. Di sana selain menerima berbagai macam bentuk desain, juga membuka jasa belajar desain grafis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *