Masjid di Indonesia Peninggalan Sejarah

Masjid di Indonesia sangat banyak jumlahnya. Tidak heran meningat memang di Indonsia mayoritas penduduknya adalah muslim. Sehingga lebih banyak masjid yang dibangun oleh masyarakat dibandingkan tempat beribadah lainnya. Masyarakat muslim banyak membangn masjid untuk mempermudah urusannya dalam beribadah dan juga untuk menampung banyaknya jamaah yang setiap har jumat atau hari besar selalu datang ke masjid. Banyaknya jumlah masyarakat islam pasti membutuhkan tempat yang lebih banyak untuk beribadah bersama. Masjid di Indonesia sangat beragam. Ada masjid modern dan masjid peninggalan sejarah, masjid dengan kapasitas besar dan kapasitas kecil, dan juga beragam bentuknya. Namun secara keseluruhan masjid-maajid yang ada di Indonesia termasuk masjid yang cantik. Hal ini jelas tak lepas dari adanya kontraktor kubah masjid. Kecantikan masjid pasti tak hanya dilihat dari bangunannya saja melainkan juga kubahnya. Banyak kubah masjid di Indonesia yang beragam bentuknya, dengan warna yang berbeda-beda. Terkadang bentuk kubah bisa mencirikan daerah asal masjid itu dibuat.

5 masjid di Indonesia yang Bersejarah

Di Indonesia ada banyak sekali masjid-masjid bersejarah. Masjid di Indonesia yang bersejarah cenderung memiliki bangunan yang unik dibandingkan masjid jaman sekarang. Berikut adalah 5 masjid bersejarah yang ada di Indonesia:

  1. Masjid Baiturrahman Aceh

Masjid ini adalah salah satu masjid yang terbesar di Asia tenggara ke-5. Masjid Baiturrahman ini ternyata masuk juga ke dalam bangunan masjid bersejarah di Indonesia. Masjid ini sudah ada sejak 1612 yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda. Masjid ini pernah dihancurkan oleh Belanda, namun akhirnya dibangun kembali dan selesai pada 1883. Hingga sekarang masjid Baiturrahman tetap berdori kokoh meski sempat diterjang tsunami.

  1. Masjid Raya Medan

Masjid ini dikenal juga dengan nama Masjid Al-Mashun. Masjid ini dibangun oleh Sultan Ma’mum Al Rasyid Perkasa Alam yang rampung pada tahun 1909. Masjid ini termasuk jenis masjid yang megah karena sultan sendiri yang mengkehendakinya. Material pembuatan masjid bahkan diimpor dari berbagai negara maju seperti Cina, Perancis, Jerman, dsb.

  1. Masjid Raya Ganting

Masjid ini berada di Padang, Sumatera Barat. Masjid ini ada sejak tahun 1700. Selama ini masjid Raya Ganting berpindah-pindah lokasi hingga akhirnya kini berada di Padang. Bangunan atap masjid terkesan unik karena dibangun oleh etnis Cina. Masjid Ganting pernah menjadi tempat mengungsi presiden pertama Indonesia.

  1. Masjid Agung Banten

Masjid bersejarah lainnya adalah masjid Agung Banten. Masjid ini dibangun oleh arsitek Cina pada tahun 1560. Masjid di bangus atas titah Sultan Maulana Hassanuddin. Masjid ini memiliki menara setinggi 24 meter. Menara pada masjid ini dibangun oleh Belanda sebagai tempat bermusyawarah.

  1. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus dibangun sejak tahun 1549. Masjid ini cukup unik karena dibangun dengan batu pertama yang diambil dari Baitul Maqdis di Palestina. Bangunan masjidnya sendiri cukup unik karena terlihat seperti bangunan Hindu dan budha. Hal ini tidaklah salah karena memang masjid dibangun agar penganut agama tersebut bisa menerima islam dengan lebih mudah.

Itulah 5 masjid yang bersejarah. Tentu masih banyak masjid lain yang juga dibangun pada masa-masa bersejarah.

Masjid di Indonesia Hasil Peninggalan Bersejarah

Ternyata masih banyak masjid di Indonesia yang merupakan peninggalan bersejarah sejak jaman kerajaan. Masjid-masjid bersejarah ini tetap kokoh hingga kini. Bahkan masjid tetap berdiri utuh meski sudah diterjang bencana tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004. Hal ini menunjukkan bahwa masjid-masjid bersejarah di Indonesia sangatlah kokoh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *