Kategori Surat Dan Penjelasannya

Terdapat berbagai Jenis Jenis Surat, yang jelas sesuai kriteria khusus. Boleh jadi di benak sobat jenis surat ya yang dimasukkan amplop terus dikirim lewat Pos. Tentunya jenis surat tidak hanya tersebut.

Nah untuk merinci penjabaran tentang Surat, pada kali ini Kami akan mencoba menguraikan tentang Jenis Jenis Surat dengan lengkap tentunya.

Sama dengan yang dijelaskan sebelumnya, ada beragam macam jenis surat yang biasa beredar di masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, kita memahami bermacam-macam macam surat. Surat-surat itu dapat digolongkan sesuai ketentuan-ketentuan berikut.

A. Berlandaskan Wujud Surat

1. Kartu Pos

Kartu pos ialah surat terbuka yang terbuat dari kertas berukuran 10 x 15 cm. Kepingan kertas surat ini biasanya tebal, Makanya berbentuk kartu. Kegunaan surat ini demi membawa kabar yang ringkas.

Tapi pesan yang tertera sanggup dipahami oleh siapa yang ngak punya hak sebab terletak di halaman tidak tertutup. Jenis surat ini biasanya dijual di biro pos.

2. Warkat Pos

Warkat pos merupakan surat tertutup yang dibuat dari secarik kertas. Surat seperti ini dapat dibentuk menjadi amplop. Olehnya itu, lembaran surat ini dapat dipakai juga sebagai amplop.

Manfaat surat jenis ini ialah demi menyampaikan berita yang lumayan banyak dalam sehelai kertas. Lembaran surat macam ini biasanya dijual di kantor pos.

3. Telegram

Telegram merupakan jenis surat yang membawa pesan yang relatif ringkas yang mana dikirim dengan jasa pesawat telegram. Surat ini nanti tiba ke destinasi dalam masa yang singkat.

4. Surat Bersampul

Surat bersampul merupakan surat yang diangkut menuju seseorang dengan menggunakan sampul surat. Surat jenis ini lah yang sering kita gunakan ketika berkomunikasi.

Keunggulan surat ini daripada bentuk surat yang lain ialah lebih terjaga kerahasiaan isinya dan lebih bebas ketika menulis isi surat dan lebih santun pada surat menyurat.

B. Berlandaskan Penulisan Surat

1. Surat Pribadi

Jenis surat ini dibuat dengan nama pribadi seseorang juga mengandung masalah pribadi penulis, baik yang ditujukan kepada teman, kerabat ataupun instansi tertentu. Contoh surat ini diantaranya surat untuk kerabat, surat lamaran kerja, dan surat permohonan izin bangunan.

2. Surat Resmi

Surat resmi dibuat suatu organisasi khusus yang ditujukan untuk seseorang atau perusahaan khusus lainnya.

Berdirinya instansi itu diabsahkan menurut hukum. Contoh surat resmi adalah surat dinas, surat niaga, dan surat sosial.

C. menurut Amanat Surat

1. Surat Keluarga

Surat keluarga ialah surat yang memuat masalah-masalah kekerabatan. Contoh surat keluarga adalah surat untuk ibu-bapak, adik, dan kawan.

2. Surat Setengah Resmi

Surat semi resmi merupakan surat yang dituliskan oleh seseorang untuk lembaga tertentu. Jenis surat ini contohnya surat pengalaman kerja, permohonan IMB dan surat permintaan cuti kerja.

3. Surat Sosial

Surat sosial adalah surat yang ditulis oleh badan sosial kepada individu, majlis, atau dewan khusus yang biasanya mencakup berbagai masalah sosial. Contohnya, surat permintaan sumbangan dan ajakan untuk kerja sosial.

4. Surat Niaga

Surat niaga ialah surat yang ditulis oleh suatu instuti perdagangan dengan pesan berdagang. Contoh jenis surat ini diantaranya surat negosiasi harga, atau lelang barang.

5. Surat Dinas

Surat ini berisikan persoalan kedinasan dari sebuah instansi. Surat ini dapat ditujukan kepada instansi lain, perorangan dan instuti khusus. Contohnya, surat perintah dan lainnya.

6. Surat Pengantar

Surat ini diperuntukkan untuk perorangan atau institusi sebagai referensi seseorang demi berkolerasi bersama pihak penerima surat.

D. Berdasarkan Keselamatan Amanat Surat

1. Surat Amat Privat

Surat ini berisi memo arsip berharga yang bersinggungan dengan rahasia suatu negara.

Tipe surat ini dikirim dengan memakai tiga jenis kemasan. Pada sampul pertama dibuat kode SR yang merupakan ringkasan dari “Sangat Rahasia”.

Di sampul kedua dituliskan tanda SRS, yakni ringkasan dari “Sangat Rahasia Sekali” dan dibubuhi stempel untuk menandakan kelengkapan pesan surat. Pada bungkusan luar dibuat umum biar tak mengundang kecurigaan orang lain.

Surat jenis ini, contohnya surat dari kementerian luar negeri, surat kepada negara-negara sekutu, dan surat arsip kepolisian.

2. Surat Rahasia

Jenis surat ini mengandung arsip kecil-kecil yang pesannya cuma pantas diketahui oleh beberapa pejabat khusus atau yang berhak di sebuah lembaga. Pengantaran surat ini memakai dua buah sampul.

Sampul pertama dituliskan tanda R atau RS yakni singkatan dari “Rahasia” atau “Rahasia Sekali” serta disegel, adapun sampul kedua ngak dikasih kode apa pun. Surat macam ini misalnya surat perihal konduite pemerintah dan surat dokumen sebuah lembaga.

3. Surat Konfidensial

Surat yang intinya hanya layak dibaca oleh sebagian pejabat khusus karena amanatnya membutuhkan tindakan diplomasi dari beberapa pejabat itu. contohnya surat hasil diskusi direksi dan usulan kenaikan seseorang.

4. Surat Biasa

Surat biasa adalah surat yang pesannya dapat diketahui oleh orang lain tanpa mengakibatkan kerugian untuk golongan mana pun. Misalnya, surat edaran dan surat undangan.

E. Menurut Definisi Umum

1. Surat Terbuka

Surat terbuka adalah surat yang dikirim kepada kubu lain, baik pribadi ataupun kumpulan yang biasanya disebarkan di media massa atau disebarkan secara transparan.

2. Surat Tertutup

Surat tertutup ialah surat yang aturan ekspedisinya dilapisi sampul karena isinya tidak pantas dibaca oleh kelompok lain.

3. Surat Kaleng

Surat kaleng ialah surat yang pengirimannya tidak menuliskan nama dan alamat pengirim dengan jelas.

Pengirim surat ini ngak bertanggung jawab terkait isi surat. Namun untuk sebagian perkara harus juga disimak oleh pengambil surat amanat dalam surat tersebut.

Semoga penjelasan di atas terkait jenis-jenis surat bisa bermanfaat bagi kawan semua. Dan jika kawan mendapatkan kekeliruan, baik pada segi penulisan maupun penjabaran, mohon saran yang membangun demi kemajuan pendidikan Indonesia. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *