Kandang Ayam Petelur Bersih Untuk Ayam Bebas Penyakit

Beternak ayam petelur adalah sebuah bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Bagaimana tidak, setiap harinya masyarakat Indonesia mengkonsumsi telur, baik untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Tak heran memang karena telur bisa diolah menjadi berbagai masakan. Sehingga telur cocok untuk segala situasi. Bahkan saat ada hajatan telur juga menjadi lauk pendamping yang tak terpisahkan. Tingginya konsumsi telur inilah yang menjadikan bisnis ini menjanjikan. Namun selayaknya sema bisnis tidak ada yang tidak mengalami hambatan. Begitupun dengan bisnis ini yang juga bisa mengalami hambatan dengan adanya wabah flu burung. Biasanya dikarenakan kandang ayam petelur yang kotor.

Kandang Ayam Petelur Rentan Sebar Flu Burung

Flu burung bisa menyerang kapan saja. Virus ini biasanya menyerang ayam secara mudah dalam jumlah yang besar. Sejumlah besar ayam bisa mati akibat flu burung. Tentu hal ini sangat merugikan bagi peternak. Dengan banyaknya ayam yang mati maka peternak akan merugi. Adanya virus flu burung bukan hanya perkara tertular. Penyakit ini bisa terjadi karena ayam tidak di vaksin atau kandang yang kurang bersih. Untuk meminimalisasi terjangkitnya virus flu burung maka ayam harus rutin diberikan vaksin. Tujuan pemberian vaksin adalah agar ayam kebal terhadap berbagai bentuk virus yang mengancam pertumbuhannya. Gunakan vaksin yang dianjurkan oleh pemerintah. Selain itu jaga kebersihan kandang ayam. Cara membuat kandang ayam peteluragar ayam selalu sehat yakni.

  1. Buatlah kandang yang jauh dari rumah warga

Pertama-tama dalam membuat kandang yakni buatlah kandang di lokasi yang jauh dari rumah warga. Biasanya kandang ayam yang ada diantara rumah warga akan menimbulkan bau tak sedap yang menjadi polusi udara. Namun alasan terbesar untuk membuat kandang yang jauh dari pemukiman adalah agar tidak bising. Jika keadaan sekitar kandang bising maka ayam akan mudah stress. Jika ayam stress maka kualitas telur akan menurun dan ayam juga mudah mati.

  1. Buatlah kandang dengan tiga lokasi

Tiga lokasi yang dimaksudkan diantaranya yakni kandang kotor, kandang semi bersih, dan kandang bersih. Membuat tiga area kandang ini dimaksudkan agar ayam selalu berada di tempat yang steril. Ketika kandang dibersihkan maka ayam masih bisa diletakkan di kandang lain. Sementara jika hanya ada satu kandang maka ayam akan selalu kotor karena kotorannya akan ada di kandang ayam yang ditempati.

  1. Bersihkan kandang ayam rutin

Untuk menjaga kebersihkan kandang maka dengan membersihkannya setiap hari. Menjaga kandang ayam agar selalu bersih ini sangatlah penting agar tidak terjangkit penyakit.

Itulah cara membuat kandang ayam yang sehat. Dengan kandang yang selalu terjaga kebersihannya maka ayam akan terjaga dari berbagai penyakit yang menyerangnya. Jika kandang kotor maka kemungkinan terkena virus akan semakin besar.

Kandang Ayam Petelur yang Hangat

Ayam juga bisa mati karena udara yang dingin. Jika terus-menerus terkena udara dingin maka kesehatan ayam akan terganggu. Maka jangan lupa untuk membuat hangat kandang ayam. Caranya yakni dengan meletakkan lampu-lampu. Semua itu ditujukan tak hanya untuk membuat ayam sehat tetapi juga menghasilkan telur dengan kualitas tinggi. Maka kandang ayam petelur harus selalu bersih. Bagi ayam yang ingin ditetaskan maka bisa dengan menggunakan mesin penetas telur otomatis. Jual mesin penetas telur otomatis bertujuan untuk telur-telur yang ingin ditetaskan untuk menambah generasi ayam petelur yang akan dibesarkan. Semakin banyak ayam petelur maka akan semakin banyak telur yang dihasilkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *