Gejala Diabetes dan Penjelasan Lengkapnya

Diabetes adalah penyakit yang sangat sering menyerang masyarakat sekarang ini. Hal tersebut tentu saja dikarenakan pola hidup yang semakin buruk setiap waktunya. Dimana hampir kebanyakan masyarakat suka mengkonsumsi makanan cepat saji, makanan mengandung gula tinggi, minuman bersoda dan lain sebagainya yang dapat memicu munculnya penyakit diabetes. Jarang berolahraga, sering mengkonsumsi alkohol dan rokok juga bisa menjadi penyebab tingginya kadar gula dalam darah. Untuk bisa memberikan pengobatan sedini mungkin, Anda harus mengetahui apa saja gejala diabetes. Dengan begitu, Anda bisa langsung memeriksakan diri ke dokter dan mendapatkan penanganan. Diabetes sendiri adalah penyakit yang sangat menyeramkan. Pasalnya angka penderita diabetes selalu meningkat setiap tahunnya. Diabetes dibagi menjadi dua tipe yakni tipe satu dan juga tipe dua. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan mengenai tipe-tipe penyakit diabetes.

Gejala Diabetes dan Penjelasan Lengkapnya

Gejala Diabetes Beserta Tipe-tipenya

Sebelum membahas tentang gejala diabetes, ada baiknya jika Anda mengenal penyakit ini lebih dalam lagi. Perlu diketahui bahwa diabetes dibedakan menjadi dua yakni tipe 1 dan 2. Pada dasarnya, kedua tipe ini menunjukkan gejala atau tanda yang sama. Dengan memahami karateristik  dari semua tipe diabetes, maka Anda bisa lebih waspada dengan penyakit ini. Sehingga Anda akan lebih sering melakukan pemeriksaan kadar gula darah. Penderita yang mengalami diabetes tipe 1 harus mendapatkan suntik insulin setiap waktunya. Pasalnya kekebalan tubuh penderita diabetes tipe ini akan menyerang sel-sel pankreas yang selama ini memproduksi insulin. Kondisi inilah yang menyebabkan adanya peningkatan kadar glukosa dan membuat organ-organ tubuh menjadi rusak. Sampai dengan saat ini, masih banyak peneliti yang belum mengetahui penyebab munculnya penyakit diabetes tipe 1. Umumnya, penderita diabetes ini adalah anak-anak atau remaja. Oleh sebab itulah kenapa diabetes tipe 1 dikenal dengan sebutan diabetes anak-anak. Penderita diabetes ini sangat jarang, setidaknya 1:10.  Sementara diabetes tipe 2 adalah tipe diabetes yang lebih sering terjadi. Berdasarkan survey yang ada, diketahui bahwa 90 persen pengidap diabetes yang ada di dunia menderita diabetes tipe ini. Sekedar informasi, diabetes jenis ini juga disebabkan karena produksi insulin yang berkurang. Dilain sisi, sel-sel tubuh juga menjadi kurang sensitif pada insulin. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan sebutan resistensi terhadap insulin. Tanda atau gejala yang dialami penderita diabetes tipe 2 ini bisa dikenalikan dengan pemantauan kadar gula dalam darah dan pola makan yang sehat. Banyak orang yang menggunakan obat diabetes alami untuk mengobati penyakit diabetes tipe 2 ini.

Gejala Diabetes yang Harus Anda Ketahui

Kini, Anda sudah memahami perbedaan antara diabetes tipe 1 dengan tipe 2 bukan? Sekarang, sudah waktunya Anda mengenal apa saja gejala atau tanda diabetes. Dengan mengetahui gejala lebih awal, maka Anda bisa melakukan pengobatan dan merubah pola hidup yang mungkin selama ini sangatlah buruk. Gejala diabetes tipe 1 bisa diketahui dengan mudah karena memang berkembang dengan sangat cepat. Lain halnya dengan diabetes tipe 2 yang seringkali sangat sulit diidentifikasi oleh penderitanya. Bahkan setelah bertahun-tahun, banyak penderita yang baru mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit diabetes. Di bawah ini adalah gejala diabetesvyang harus Anda ketahui.

  1. Sering buang air saat malam hari
  2. Berat badan menurun drastis
  3. Sering merasa haus
  4. Berkurangnya massa otot
  5. Rasa lapar yang sangat ekstrem.
  6. Mudah kelelahan
  7. Sering mengalami infeksi pada vagina, gusi, saluran kemih dan kulit
  8. Luka di tubuh lama sembuhnya
  9. Terdapat keton di dalam air kencing. Perlu diketahui bahwa keton merupakan produk sampingan yang berasal dari metabolisme lemak dan otot yang terjadi saat kadar insulin dalam tubuh tidak cukup
  10. Pandangan yang kabur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *