Tips Mudah dan Aman untuk Fitnes Pemula

Dewasa ini, para peminat fitnes kian meningkat. Hal ini berarti kesadaran masyarakat akan kesehatan serta kebugaran tubuh makin bertambah pula. Mengapa semakin banyak orang yang memilih fitnes? Makin sedikitnya fasilitas umum seperti lahan hijau serta meningkatnya polusi udara menjadikan fitnes pilihan terbaik anda yang ingin berolahraga tanpa terkenal polusi. Pasalnya, jika anda berjogging di luar dengan polusi kota, hal tersebut akan berdampak buruk bagi paru-paru anda. Nah, bila anda belum pernah melakukan fitnes dan berniat untuk mencobanya, berikut ini beberapa tips untuk fitnes pemula yang sangat mudah dan praktis. Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar karena anda bisa melakukan tips fitnes untuk pemula ini di rumah. Tentunya, anda tidak boleh sembarangan melakukannya. Berikut ini tips yang harus anda coba di rumah.

Porsi Makan untuk Fitnes Pemula

Fitnes tidak hanya sekedar berolahraga saja, tapi juga mengatur pola makan dan merubah pola hidup menjadi sehat. Jika anda memalukan fitnes di pusat kebugaran, makanan yang anda konsumsi akan diatur. Bahkan, tidak sedikit yang menganjurkan untuk mengkonsumsi minyak ikan karena sangat baik untuk kesehatan. Namun, anda yang masih pemula tidak perlu mencoba cara esktrim itu. Cukup atur pola, porsi, dan makanan yang anda konsumsi. Makanlah tiga kali sehari. Jangan pernah melewatkan sarapan meski anda sering terburu-buru. Usahakan makanan yang anda konsumsi cukup gizinya. Sedangkan untuk porsi, takaran tiap orang berbeda-beda. Ada rasa saat dimana anda merasa cukup tapi belum kenyang. Saat anda merasakan rasa itu ketika makan, sebanyak itulah porsi anda. Mulai dari sekarang anda harus membiasakan berhenti makan sebelum kenyang. Usahakan jangan makan di malam hari karena akan beresiko kolestrol tinggi. Jika anda lapar di malam hari, anda bisa mengkonsumsi buah-buahan atau roti. Banyak orang yang mengira pola makan yang diatur dalam fitnes bertujuan untuk diet. Padahal, hal ini adalah detoksifikasi dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh anda. Memang benar berat bad an anda akan berkurang menjadi proporsional. Tips makanan fitnes pemula lainnya adalah mulai membiasakan diri dari gorengan. Bukan berarti tidak boleh, anda boleh memakan gorengan tapi tidak terlalu sering. Gorengan kurang baik untuk kesehatan karena mengandung kolestrol dan minyak jenuh tinggi.

Alat-Alat Fitnes Pemula

Alat-alat untuk fitnes pemula juga berbeda. Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah alat, sebaiknya anda mengetahui kebutuhan anda terlebih dahulu. Misal, anda ingin mengecilkan perut, lengan dan paha atas. Maka, belilah alat yang memang ditujukan untuk hal tersebut. Jika anda ingin jogging tanpa harus ke luar ruangan, anda bisa membeli alat fitness bernama treadmill. Alat ini dibuat supaya anda bisa jalan santai, jalan cepat, jogging, bahkan berlari tanpa harus keluar ruangan. Nah, bila anda masih belum percaya diri menggunakan alat seperti itu, anda bisa mencoba fitnes ringan. Contohnya, melakukan senam lantai seperti push up, sit up, dan lain-lain. Matras untuk fitnes sangat dianjurkan karena tidak licin dan menjadi bantalan yang sempurna sehingga tubuh anda tidak akan kaku, sakit, atau pegal-pegal saat melakukan olah raga tersebut. Matras fitnes bisa dikombinasikan dengan alat untuk fitnes yang lain seperti barbell atau dumbbell. Pemula lebih disarankan menggunakan dumbbell karena bisa divariasikan menjadi banyak gerakan serta cara menyimpan dan menggunakannya yang mudah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *