Apakah Arti Kehidupan Ini

Sebagian orang mungkin bertanya “apa arti kehidupan ini?” Kalau kita cermati akan banyak sekali jawaban untuk satu pertanyaan ini. Sebagian menjawab, bahwa kehidupan adalah uang. Sehingga setiap detik hidup ini yang dicari adalah uang. Artinya apabila dia tidak memiliki uang, seolah-olah kehidupannya telah hilang. Sebagian lagi menjawab, bahwa kehidupan adalah kedudukan. Sehingga setiap detik yang dicari adalah kedudukan. Sebagian lagi memandang bahwa kehidupan adalah kesempatan untuk bersenang-senang. Maka bagi golongan ini kesenangan duniawi adalah tujuan utama yang dicari-cari. Kehidupan ini adalah sebuah kesempatan yang sangat berharga untuk kita. Jangan sampai kita sia-siakan kehidupan di dunia ini untuk sesuatu yang tidak jelas dan akan sirna. Kenikmatan dunia ini pun kalau mau kita pikirkan dengan baik, maka tidaklah lama. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Seolah-olah tatkala  melihat hari kiamat itu, mereka tidaklah hidup (di dunia) kecuali hanya sesaat saja di waktu siang atau sesaat di waktu dhuha.” (QS. an-Nazi’at: 46). Lalu apa yang harus kita lakukan di dunia ini? Sebuah pertanyaan menarik. Sebuah pertanyaan yang akan kita temukan jawabannya di dalam al-Qur’an. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. adz-Dzariyat: 56). Jangan salah paham, jangan dikira bahwa itu artinya setiap detik kita harus berada di masjid, atau setiap detik kita harus membaca al-Qur’an, atau setiap hari kita harus berpuasa, sama sekali bukan demikin, Ibadah, mencakup segala ucapan dan perbuatan yang dicintai oleh Allah. Allah tidak menghendaki kita setiap detik berada di masjid. Allah juga tidak menghendaki kita setiap detik membaca al-Qur’an. Semua ibadah itu ada waktunya. Yang terpenting bagi kita adalah melakukan apa yang Allah cintai bagaimana pun keadaan kita dan di mana pun kita berada.

Mencari Arti Kehidupan yang Benar

Untuk menemukan artikehidup yang benar, maka kita perlu merujuk ke rujukan yang dijamin kebenarannya yang tiada lain adalah Al Quran yang merupakan firman Allah Yang Menghidupkan semua manusia. Tentu saja, Allah Subhaanahu Wa Ta’ala yang paling mengetahui tentang hidup kita termasuk makna hidup kita.

Bolehkan kita mencari makna hidup dibawah bimbingan motivator atau dengan kata kata bijak tentang kehidupan tentu saja boleh, jika motivator dan kata kata bijak tersebut merujuk pula kepada Al Quran dan hadits. Jika rujukannya bukan Al Quran dan Hadits, maka kita perlu memikirkannya lagi.Adakah kebenaran universal? Ya, tentu saja. Kebenaran universal itu Al Quran sendiri. Hanya saja, ada orang-orang yang tidak mau mengikuti kebenaran Al Quran sehingga membuat “kebenaran baru” yang mereka terima. Ini masalah iman, perbedaan antara orang yang beriman dan tidak. Jika Anda orang yang beriman, tentu Anda akan menerima dengan sepenuh hati bahwa Al Quran adalah sumber kebenaran sejati, bukan yang lain.Untuk itu, dalam mencari makna hidup, kita harus bertanya: “apa itu hidup menurut Al Quran?”. Silahkan baca dan gali Al Quran. Silahkan meminta bimbingan ulama yang memahami tafsir Al Quran. Silahkan baca tafsir-tafsir Al Quran yang ditulis oleh ulama terpercaya.

Arti Kehidupan Menurut Al Qur’an

Anda dapat meneukan arti kehidupan dalam Al Quran. Al Quran sebagai pedoman umat islam memberikan banyak ilmu dan pemeblajaran yang dapat kita mbil.

  1. Hidup Adalah ibadah. Seseorang hidup di dunia ini harus menjalaninya karena ibadah terhadap Allah taala. Ibadah disini yang dimaksuda adalah ibadah dalam arti bukan hanya sholat, puasa, zakat dan lainnya namun kita menjalankan ibadah dengan apapun yang kita kerjakan sebagai ibdah kepada Allah Taala.
  2. Hidup adalah ujian. Arti kehidupan yang menyatakan hidup adalah ujian berarti hidup ini penuh dengan ujian yang harus kita jalani dan kita kerjakan. Allah Taala memberikan ujian kepada setiap umatNya dengan kadar kemampuan umat yang telah di tetapkan. Allah tidak akan memberikan ujian kepada umatNya jika umat tersebut tidak mampu untuk melaluinya.
  3. Kehidupan di akhirat lebih penting daripada kehidupan di akhirat. Arti kehidupan ini mengajarkan kita menjalani kehidupan di dunia dengan menginggat apa yang akan kita lalui di akhirat kelak.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *