Ciri-Ciri, Doa, dan Usaha Meminta Anak Sholeh

Memiliki anak sholeh adalah dambaan setiap orang tua. Tujuan dari orang menikah tentunya tidak hanya menghalalkan hubungan saja, namun juga memiliki keturunan. Dalam islam, menikah hukumnya adalah sunah yang mendekati wajib, sehingga anda sangat dianjurkan untuk menikah dan memiliki keturunan. Tentunya, anda tidak ingin sekedar memiliki keturunan saja. Cita-cita setiap orang tua muslim adalah memiliki anak yang sholeh. Anak yang berperilaku sholeh atau sholehah tidak hanya menguntungkan dirinya sendiri saja, tapi juga aset berharga untuk orang tua. Kenapa? Karena anak yang sholeh pasti akan senantiasa mendoakan orang tuanya. doa-doa yang dipanjatkan seperti memohon agar orang tuanya diberi kemudahan dalam segala urusan, dilancarkan rejekinya, bahkan diberi keselamatan di akhirat kelak. Karena ketika orang sudah meninggal, terputuslah pahala yang mengalir kepadanya, kecuali tiga perkara. Salah satu perkaranya yaitu doa anak sholeh. Sehingga, kelak ketika anda sudah tiada namun anak anda senantiasa mendoakan keselamatan anda, maka pahala akan terus mengalir pada diri anda. Nah, berikut ini ciri-ciri dan doa untuk meminta keturunan yang sholeh.

Ciri-Ciri Anak Sholeh Dambaan Orang Tua

Anak yang sholeh tidak sekedar sholeh saja. Beberapa ciri-cirinya adalah berperilaku santun, menghormati orang tua, apabila berbicara dengan orang tuanya dengan suara yang lembut dan tidak melotot, mudah memaafkan orang tua, dan menasehati apabila orang tua berbuat salah dengan nada lembut. Ciri-ciri yang memastikan bahwa anak tersebut adalah anak sholeh adalah selalu mendoakan kedua orang tuanya, baik itu seusai sholat, wajib dan tidak wajib, serta ketika ada kesempatan. Doa anak adalah salah satu doa yang cepat didengar oleh Allah SWT. Sehingga, ketika anak tersebut mendoakan anda semoga dilancarkan urusannya, insyaallah Allah akan melancarkan urusan anda. Kekuatan anda akan bertambah bila anda juga selalu mendoakan anak anda agar selalu taat kepada perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Doa dan Usaha Meminta Anak Sholeh

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk memiliki anak yang sholeh. Karena merupakan aset berharga, anak sholeh tentu tidak muncul begitu saja. Ada proses dan hal-hal yang harus anda lakukan dengan telaten dan sabar untuk mendidik anak anda menjadi anak yang sholeh. Saat anda hendak melakukan hubungan suami istri, islam memberi tuntunan untuk membaca doa sebelum melakukan hubungan, saat air mani keluar, dan setelah melakukan hubungan. Adapun arti doa-doa tersebut adalah untuk mensyukuri rejeki yang diberikan Allah SWT dan meminta keturunan yang sholeh. Selanjutnya, anda harus mendidik anak dengan sabar dan tekun. Didiklah agar terbiasa melakukan kewajibannya terlebih dahulu, seperti sholat. Jangan keras pada anak, namun berilah pengertian mengapa dia harus melakukannya. Anda juga bisa memberi hadiah agar anak lebih bersemangat. Biasakan juga agar dia bangun pagi dan membantu tugas orang tua. Jika anda sudah melakukan hal-hal tersebut, maka anak akan menjadikan rutinitas tersebut menjadi kebiasaan. Seusai sholat anda juga disarankan memanjatkan doa untuk anak supaya senantiasa menjadi sholet atau sholehah, bertaqwa, dan lain-lain. Ajak juga anak anda melakukan hal ini agar ketika dia dewasa, sholat dan berdua sudah menjadi bagian dari hidupnya. Terakhir adalah jangan menutup mata dan telinga. Anda sebagai orang tua kadang selalu menganggap remeh anak. Padahal orang tua juga manusia yang tidak luput dari kesalahan. Selalu ajak anak terlibat dalam suatu komunikasi sangatlah penting agar bisa saling menegur tanpa tersinggung dan canggung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *